Coretan & Berbagi Informasi

Sabtu, 14 Oktober 2017

Pengertian EKosisten, Jenis EKosistem dan Komponen Pembentuk Ekosistem



A.    PENGERTIAN EKOSISTEM
Pengertian ekosistem perna dikemukakan oleh beberapa ahli dimana pendapat mereka hampir sama,  tetapi tetap masih ada perbedaannya.
Berikut ini pendapat para ahli tentang pengertian Ekosistem:
1.A.G. Tansley (1935)

Ekosistem adalah suatu unit ekologi (an ecological unit) yang didalamnya terdapat struktur dan fungsi.
2.Woodbury (1954)
Ekosistem adalah tatanan kesatuan secara kompleks di dalamnya terdapat habitat, tumbuhan dan binatang yang dipertimbangkan sebagai unit kesatuan secara utuh, sehingga semuanya akan menjadi bagian mata rantai siklus materi dan aliran energi.
3.Soemarwoto (1983)
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
4.Odum (1993)
Ekosistem merupakan unit fungsional dasar dalam ekologi yang di dalamnya tercakup organisme dan lingkungannya (lingkungan biotik dan abiotik) yang di antara keduanya saling memengaruhi.

Dari beberapa pendapat ahli di atas kita dapat menyimpulkan bahwab Ekosistem adalah hubungan timbal balik atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Atau dengan kata lain, ekosistem adalah suatu kesatuan yang utuh dan menyeluruh antar unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi satu sama lain.
Setiap unsur atau komponen yang terlibat dalam ekosistem memiliki fungsi masing-masing dan selama fungsi tersebut tidak terganggu maka keseimbangan ekosistem akan terus terjaga.

B.     JENIS EKOSISTEM
Ekosistem terdiri dari dua macam, yakni ekosistem alami dan ekosistem buatan.
1.   Ekosistem Alami
Ekosistem alamiah adalah jenis ekosistem yang terbentuk dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia. Contoh ekosistem alamiah antara lain ekosistem Laut dan ekosistem Sungai.

2.   Ekosistem Buatan
Ekosistem buatan adalah ekosistem yang diciptakan oleh manusia guna memenuhi kebutuhan manusia. Contoh ekosistem buatan antara lain: bendungan, Hutan Jat dan Pinus, Perkebunan Kelapa Sawit, Pemukiman, Sawah Irigasi dan lain sebagainya.

C.     KOMPONEN PEMBENTUK EKOSISTEM
Dalam ekosistem terdapat komponen yang mendukung terhadap terjadinya ekosistem. Komponen ekosistem terdiri dari dua macam, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang terdiri atas makhluk hidup, sedangkan komponen abiotik adalah komponen yang terdiri atas benda mati. Seluruh komponen biotik dalam suatu ekosistem membentuk komunitas.

1. Komponen Biotik
Berdasarkan caranya memperoleh makanan di dalam ekosistem, organisme anggota komponen biotik sebagai berikut:

a.       Organisme Autotrof (Produsen)
Organisme autotrof atau produsen, adalah organisme yang dapat menghasilkan makanannya sendiri. Produsen membuat makanan dengan menyerap senyawa dan zat-zat anorganik untuk kemudian diubah menjadi senyawa organik melalui proses fotosintesis. Ciri khusus organisme yang tergolong autotrof adalah adanya klorofil dalam tubuhnya, seperti pada tumbuhan tingkat tinggi. Dalam interaksi komponen biotik dan abiotik, organisme autotrof merupakan awal dari terciptanya keseimbangan ekosistem.

b.      Organisme Heterotrof (Konsumen)
Organisme heterotrof (konsumen), adalah organisme yang tidak dapat menghasilkan zat makanan sendiri, tetapi dapat menggunakan zat makanan yang dibuat oleh organisme lain.
Organisme yang secara lamgsung mengambil makanannya dari tumbuhan hijau adalah herbivora. Oleh karena itu, herbivora sehingga bisa disebut konsumen tingkat pertama. Karnivora yang mendapatkan makanan dengan memangsa herbivora disebut konsumen tingkat kedua. Karnivora yang memakan konsumen tingkat kedua disebut konsumen tingkat ketiga dan seterusnya.

c.       Dekomposer atau Pengurai
Dekomposer adalah jasad renik yang berperan dengan menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme yang telah mati maupun hasil pembuangan sisa pencernaan. Dengan adanya organisme pengurai, organisme akan terurai serta meresap ke dalam tanah menjadi unsur hara yang kemudian akan diserap oleh tumbuhan (produsen). Selain itu aktifitas pengurai juga akan menghasilkan gas karbondioksida yang akan dipakai dalam proses fotosintesis.

d.      Detritivor atau Penghancur
Detritivor adalah makhluk hidup yang menghancurkan bahan-bahan organik dari sisa-sisa tubuh makhluk hidup yang telah mati serta menjadi hancur. Contoh kelompok ini antara lain: rayap, semut dan kelabang.

2. Komponen Abiotik
Komponen abiotik adalah komponen yang tidak hidup didalam satu ekosistem, serta komponen abiotik ini sangat menentukan dari jenis makhluk hidup dan yang menghuni satu lingkungan.
Contoh dari sebagian komponen abiotik diantaranya meliputi:

a.    Suhu (Temperatur)
Suhu sangat berpengaruh terhadap ekosistem dikarenakan suhu merupakan syarat yang diperlukan organisme agar tetap hidup serta ada jenis-jenis organisme yang dapat hidup pada kisaran suhu tertentu.

b.   Sinar Matahari
Sinar matahari mempengaruhi ekosistem secara universal (menyeluruh) dikarenakan sinar matahari menentukan suhu atau temperatur. Sinar matahari juga merupakan unsur utama yang dibutuhkan oleh tumbuhan dalam melakukan proses fotosintesis.
c.    Air
Air merupakan salah satu komponen dalam ekosistem, karena air sangat dibutuhkan dalam proses kelangsungan hidup suatu organisme. Bagi unsur abiotik air berfungsi sebagai pelarut terhadap yang lainnya misalnya terhadap tanah dan batu-batuan.

d.   Tanah
Tanah merupakan tempat hidup bagi organisme, soalnya jenis tanah yang berbeda akan menyebabkan organisme yang didalamnya juga berbeda.

e.    Angin
Angin mempunyai peranan dalam proses ekosistem yaitu sebagai pembantu dalam proses kelembapan dan juga sebagai penyebaran biji terhadap tumbuhan tertentu.

f.    Garis Lintang
Garis lintang yang berbeda akan menunjukan juga kondisi lingkungan yang berbeda. Garis lintang tidak langsung menyebabkan distribusi pada organisme di permukaan bumi. 




DAFTAR PUSTAKA
1.       Haryanto, Sains untuk SD kelas IV; hal.81-86; KTSP 2006-Penerbit Erlangga;
2.      Haryanto, Sains untuk SD kelas VI, hal.53; KTSP 2006-Penerbit Erlangga;
3.      Internet, http://www.sekolahpendidikan.com/2017/06/pengertian-ekosistem-beserta-komponen.html, browsing pada tanggal 12 September 2017;
4.      Internet, http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-ekosistem-dan-contohnya-secara-lengkap/ ,browsing pada tanggal 12 September 2017;
5.      Internet, http://www.gerbangpengetahuan.com/2017/07/pengertian-ekosistem-dan-komponennya.html, browsing pada tanggal 12 September 2017;
6.      Internet, http://www.rumahpintar.web.id/2017/04/pengertian-ekosistem-dan-macamnya.html, browsing pada tanggal 12 September  2017;
7.      Internet, http://www.sumberpengertian.com/pengertian-ekosistem-menurut-para-ahli-beserta-jenisnya, browsing pada tanggal 12 September 2017;
8.      Internet, http://www.softilmu.com/2014/01/pengertian-dan-komponen-ekosistem.html, browsing pada tanggal 12 September 2017;
9.      Internet, http://www.zonasiswa.com/2014/09/ekosistem-pengertian-komponen-tipe.html, browsing pada tanggal 12 September 2017;


 @@@@@@@ SEMOGA BERMANFAAT....@@@@@@@@@@

Jika suka dilike and Share ya....




Share:

0 komentar:

Me

Me

Followers

Postingan saya di Wordpress

Yikwagwe Post